Kelebihan Dan Kekurangan VPS Yang Harus Kamu Tahu

Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan Info lebih lanjut. Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan. Sekarang di Indonesia sendiri sudah banyak yang menyediakan vps murah dan begitu juga dengan jenisnya.

Kelebihan VPS dan Kekurangannya

Jika Anda benar-benar membutuhkannya untuk website, VPS hosting adalah pilihan yang terbaik. Di bawah ini kami akan menjabarkan beberapa kelebihan VPS dan juga kekurangan dari virtual private server.

Kelebihan
– Lebih cepat dan andal daripada server shared hosting.
– Jaminan resource server, seperti memori atau processing power, sehingga fluktuasi pada resource yang tersedia berkurang bahkan tidak ada.
– Masalah terkait website dan traffic yang terjadi di user lain tidak memengaruhi situs Anda.
– Anda memperoleh akses superuser (root) ke server.
– Privasi lebih terjamin sebagaimana file dan database tersimpan serta tersembunyi dari user server lain.
– Layanan yang mudah di-scale. Seiring dengan bertumbuh dan berkembangnya website, Anda bisa dengan mudah mengupgrade resource server (RAM, CPU, disk space, bandwidth, dan lain-lain).

Kekurangan
– Lebih mahal daripada shared hosting.
– Mengharuskan Anda untuk memiliki pemahaman teknis yang lebih agar dapat mengelola server.
– Pengaturan server yang salah akan berisiko tinggi terhadap keamanan.

Kapan Harus Menggunakan VPS dan Kapan Harus Mengupgradenya?

Biasanya VPS hoting menjadi pilihan terakhir jika website Anda telah berkembang, bahkan sudah melampaui batas resource shared hosting. Apabila paket termahal yang ditawarkan shared hosting tidak lagi bisa mengakomodasi website Anda, maka sudah saatnya Anda beralih ke paket VPS hosting. VPS hosting mampu menyediakan dua hal terbaik untuk website Anda: shared hosting dan dedicated hosting.

Akan tetapi, ada kasus-kasus tertentu yang mengharuskan Anda untuk menggunakan VPS hosting sejak awal. Sebagai contoh, Anda membuat website eCommerce. Tentunya Anda ingin mengatur agar metode pembayaran bisa lebih aman, nyaman, dan cepat dan hal ini hanya bisa didapatkan jika Anda menggunakan virtual private server. Bahkan, jika Anda menyimpan berbagai data yang sensitif atau harus memproses pembayaran online, VPS bisa mengurangi risiko bocornya keamanan dan mengidentifikasi si pencuri.

Apabila Anda ingin traffic website naik di waktu-waktu tertentu, misalnya website Anda berfokus pada perencanaan event atau penjualan tiket online, tentu saja Anda bisa mengandalkan berbagai paket VPS hosting. Server game dan situs-situs lain yang membutuhkan resource besar juga dapat dibuat di VPS hosting untuk menghasilkan performa yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *